Pages

Selasa, 14 Juni 2011

Pembelajaran Sebagai System

Mengapa Pembelajaran disebut sebagai sistem?? Menurut ane Karena dalam pembelajaran semua unsur saling berkaitan. Antara unsur yang satu berhubungan dengan unsur yang lain. Semua komponen unsur unsur tersebut saling berkaitan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yaitu hasil belajar yang memuaskan. Unsur-Unsur tersebut diantaranya adalah: siswa, guru, bahan ajar, kurikulum, dsb.
pembelajaran merupakan suatu sistem karena pembelajaran merupakan interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Interaksi ini membutuhkan komponen komponen yang sangat berkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dalam suatu lembaga pendidikan unsur unsur yang tidak dapat dipisah pisahkan tersebut antara lain adalah siswa, guru, materi, kurikulum dan situasi lingkungan.
Semua unsur ini mempunyai hubungan fungsional yang berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan, yaitu keberhasilan pendidikan.

pembelajaran adlh proses interaksi pesrta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan,penguasaan, kemahiran dan tabiat,serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada psrta didik. Degan kata lain,pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik dan untuk mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri. sedangkan untuk Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun, tidak memandang waktu dan tempat.
Dalam meninjau pembelajaran sebagai suatu sistem diperlukan adanya pendalaman terhadap konsp sistem dan konsep pembelajaran. Dimana sistem adalah suatu ksatuan berbagai unsur yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencpai tujuan/ fungsi sistem tersebut. Maka sistem sebagai pendekatan berarti cara memandang sesuatu secara sistematik dan menyeluruh tidak terpisah-pisah. SEdangkan pembelajaran disini adalah menekankan proses pembelajaran di sekolah sehingga secara umum pembelajaran tersebut digambarkan sebagai kesatuan sub-sub sistem yang membentuk satu sistem utuh.
Pembelajaran merupakan suatu sistem karena dalam proses tersebut dibutuhkan komponen- komponen yang dapat saling mendukung. Misalnya,dalam proses belajar selain dibutuhkan seorang tenaga pendidik,juga dibutuhkan peserta didik(ada yang diajar dan ada yang mengajar).Kerja sama antara keduanya pun saling berkesinambungan, seperti siswa membutuhkan ilmu dan guru menularkan ilmu.Selain komponen tersebut,dibutuhkan pula fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang keberlangsungan proses KBM, seperti meja,kursi, peralatan laboratorium,buku-buku yang dapat memenuhi prose KBM,dll. Kesemuanya itu saling mendukung demi kelancaran proses pembelajaran. Apabila salah satu dari komponen tersebut ada yang kurang maka akan mengganggu keberlangsungan proses pembelajaran. Dengan demikian,pembelajaran merupakan suatu sistem.
pembelajaran merupakan suatu sistem bahwa komponen-komponen pembelajaran yang terdiri dari tujuan, subyek belajar, materi pelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan komponen penunjang lainnya merupakan suatu kesatuan yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/ fungsi sistem pembelajaran tersebut. jadi yang dimaksud pembelajaran sebagai suatu sistem adalah cara memendang pembelajaran itu sendiri sebagai sesuatu secara sistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah...


3 komentar: